Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop

    Halo sobat Topikramdani.. ini adalah tutorial Photoshop untuk pemula.
Mungkin diantara sobat-sobat semua ada yang baru memulai menggunakan Photoshop dan masih bingung bagaimana caranya untuk membuat dokumen baru pada Photoshop, dan atau malah bingung bagaimana caranya untuk menyimpan hasil editan sobat dari Photoshop menjadi gambar (JPG misalnya)..
Untuk itu, kali ini Topikramdani akan mengajak kalian belajar bagaimana cara Membuat dan Menyimpan Dokumen baru pada Photoshop.

Mari kita mulai..

1. Cara Membuat Dokumen Baru pada Photoshop

    Ada beberapa cara untuk membuat dokumen baru pada photoshop..
Pertama, dengan cara memilih salah satu menu pada Menu Utama yang tampil pada saat pertama kali membuka Photoshop.
Cara ini berlaku untuk Adobe Photoshop CC. Untuk versi lain saya sendiri kurang tahu, tapi untuk versi CS3 sepertinya tidak bisa.
Silahkan perhatikan gambar dibawah ini :




01 Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop - Topikramdani.com

Kedua, dengan cara menggunakan perintah File>New atau tekan Ctrl+N pada keyboard. 


02 Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop - Topikramdani.com

Maka akan muncul kotak dialog New. Perhatikan gambar berikut :

03 Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop - Topikramdani.com

*Keterangan :
Kolom Name - Silahkan isi dengan nama dokumen (bebas, atau) sesuai projek yang akan kalian kerjakan.
 

Kolom Preset - Berisi preset-preset atau settingan-settingan dokumen yang akan dikerjakan. Pilih saja Custom untuk membuat ukuran sesuai keinginan.
 

Kolom Width dan Height - untuk menentukan Lebar (Width) dan Tinggi (Height) dokumen yang akan dibuat. Ukurannya bisa piksel, inchi, sentimeter, milimeter, dll.
 

Kolom Resolution - Yaitu ukuran resolusi dokumen yang akan dibuat, ukurannya yaitu Piksel per inchi dan Piksel per Sentimeter. Semakin besar nilai Resolution maka semakin rapat piksel dalam dokumen yang akan kita kerjakan nanti, artinya kualitasnya semakin baik.

Kolom Color Mode - yaitu pilihan jenis warna yang akan digunakan. Ada beberapa pilihan yang bisa kalian coba nanti. Misalnya, Untuk projek yang akan di-Print atau dicetak sebaiknya pilih mode warna CMYK, sedangkan untuk projek kebutuhan Web, Blog, Video, dsb. gunakan mode warna RGB. dan lain-lain.
 

Kolom Background Contents - Yaitu untuk menentukan warna Latar Belakang dokumen. Pilih Transparent untuk latar belakang yang transparan (tembus pandang). Silahkan coba sendiri untuk menu lainnya.
 

Klik OK jika sudah sesuai.

2. Cara Menyimpan Dokumen Baru di Photoshop

Ada 2 perintah yang bisa kalian gunakan saat akan menyimpan sebuah dokumen di Photoshop, yaitu perintah Save (File>Save, atau tekan Ctrl+S pada keyboard), dan Save As.. (File > Save As, atau tekan Shift+Ctrl+S pada keyboard).

A) Perintah Save (File>Save, atau Ctrl+S pada keyboard)

04 Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop - Topikramdani.com

     Adalah perintah untuk menyimpan dokumen secara langsung, tanpa harus memilih folder untuk menyimpan.. KECUALI untuk dokumen baru, maka kalian harus memilih dahulu folder dimana kalian akan menyimpan dokumen tersebut.
Misalnya : kalian sedang mengerjakan Projek Edit Foto Baru lalu kalian Save, maka akan muncul dialog Save As... Nah, disinilah kalian akan memilih folder untuk menyimpan projek tersebut. Pada dialog ini juga kalian bisa memilih format dokumen/gambar sesuai keinginan kalian melalui kolom Save as Type.

 
Perhatikan gambar berikut ini :


05 Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop - Topikramdani.com

Setelah klik OK, coba kalian Save (Ctrl+S) lagi projek kalian, sekarang kalian tidak memilih folder lagi kan?

B) Perintah Save As... (File>Save As, atau Shift+Ctrl+S pada keyboard)
 

     Artinya Simpan Sebagai... Yaitu perintah untuk menyimpan dokumen dengan membuka lagi pilihan-pilihan pada dialog Save As.
Perintah Save As sangat berguna jika kalian ingin menyimpan dokumen kedalam format yang lain, menyimpan dokumen di folder lain, atau menyimpan dokumen dengan nama lain.

     Sobat Topikramdani, demikian tutorial tentang Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop. Jika ada langkah-langkah diatas yang tidak dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar.
Well, see you later in my next Photoshop tutorials. Dan terimakasih atas kunjungannya. :)
Semoga bermanfaat..

20.30 - tanpa komentar

0 komentar untuk Cara Membuat dan Menyimpan Dokumen Baru pada Photoshop.


Lihat Komentar Tutup Semua Komentar