Tutorial Cara Membuat Shortcut untuk Membuka Color Picker pada Photoshop

Halo sobat Topikramdani, ini adalah tutorial Photoshop untuk pemula...
Kali ini kita tidak akan membahas materi yang panjang lebar tentang Color Picker kok sobat. Karena materi tersebut sudah dibahas pada pembahasan sebelumnya tentang Foreground dan Background color pada Photoshop.
Pada kesempatan kali ini Topikramdani hanya akan membagikan sebuah tips yang bermanfaat terkait dengan Color Picker pada Photoshop. Yaitu, Cara Menambahkan Shortcut untuk Membuka dialog Color Picker.

Baca Juga : Memahami Peringatan Warning pada dialog Color Picker

Shortcut atau bisa juga disebut "Jalan Pintas" atau "Tombol Pintas" fungsinya untuk memudahkan kita dalam mengakses Tools ataupun fasilitas-fasilitas pada Photoshop. Dengan Shortcut (baca: Sortkat) kita bisa mempersingkat waktu jika ingin membuka sebuah fasilitas pada Photoshop. Sebagai contohnya fasilitas dialog Color Picker. Umumnya kalian harus mengarahkan pointer kalian ke arah Foreground Color Tool untuk membukanya, tapi dengan shortcut kita bisa membukanya dengan hanya menekan sebuah tombol keyboard. Baiklah, mari kita mulai!

1. Buka dialog Keyboard Shortcuts and Menus, caranya: Klik menu Edit > Keyboard Shortcuts... atau tekan Alt+Shift+Ctrl+K pada keyboard

1 Memahami Peringatan Warning pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

2. Pada dialog Keyboard Shortcuts and Menus, ubah opsi Aplication Menus pada kolom Shortcut for: menjadi Tools

2 Memahami Peringatan Warning pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

3. Scroll kolom Tool Panel Command ke bawah sampai ketemu tulisan Foreground Color Picker, disitu kalian masukan huruf/symbol yang akan dijadikan shortcut untuk membuka dialog Color Picker. Disini saya menggunakan symbol "?" (Shift+/) untuk shortcutnya.


3 Memahami Peringatan Warning pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

Catatan:
Jika misalnya kalian memasukan huruf atau symbol yang sudah dipakai sebagai Shortcut oleh Photoshop, maka akan muncul tulisan yang menjelaskan bahwa huruf atau symbol yang dimasukan sudah digunakan untuk Tool yang lain. Kalian bisa menggantinya dengan huruf yang lain, atau jika dilanjutkan maka shortcut itu akan dihapus dari Tool yang bersangkutan tersebut. Tapi kalaupun kalian terlanjur menggantinya, kalian bisa menggunakan perintah Undo yang ada pada dialog tersebut.
4 Memahami Peringatan Warning pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

Oh iya sobat, tutorial Cara Menambahkan Shortcut ini bukan hanya untuk Color Picker saja, tapi bisa juga di aplikasikan dengan tool-tool yang lain juga. :)
Baca Juga : Cara menggunakan Scroll sebagai Zoom pada Photoshop

Sobat Topikramdani, demikian tutorial tentang Cara Menambahkan Shortcut untuk Membuka dialog Color Picker.
Jika ada langkah-langkah diatas yang tidak dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar ya..

jika ada kritik & saran ataupun mau request tutorial Photoshop silahkan hubungi Topikramdani melalui halaman Contact.

Well, see you later in my next Photoshop tutorial. Dan terimakasih atas kunjungannya. :)
Semoga bermanfaat..

01.36 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tutorial Cara Membuat Shortcut untuk Membuka Color Picker pada Photoshop.


Lihat Komentar Tutup Semua Komentar