Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker

Halo Sobat Topikramdani, ini adalah tutorial Photoshop untuk pemula.
Pernahkah kalian memperhatikan ketika memilih sebuah warna pada dialog Color Picker lalu muncul tanda peringatan Segitiga dan Kubus seperti dibawah ini?

1 Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

Apakah kalian sudah tahu kedua peringatan ini fungsinya untuk apa?. Nah, Jika belum tahu, kali ini Topikramdani akan coba sedikit menjelaskan tentang kedua peringatan tersebut. Mari kita mulai!

Sebelumnya : Mengenal Foreground dan Background Color pada Photoshop

1. Warning : Out of Gamut for Printing

Peringatan ini akan muncul ketika warna yang kita pilih bukanlah warna yang aman untuk keperluan Percetakan/Printing. Ikon yang muncul berbentuk segitiga dengan tanda seru ditengah-tengah.
Photoshop juga akan merekomendasikan warna yang aman untuk keperluan Printing yang mendekati warna yang kita pilih tersebut. Sobat bisa menggunakannya dengan cara Klik warna tersebut.

2 Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

2. Warning : Not a Web Safe Color

Peringatan ini akan muncul ketika warna yang kita pilih adalah warna yang kurang aman untuk keperluan Web. Ikon yang muncul berbentuk kubus.
Kemudian Photoshop juga akan merekomendasikan warna yang aman untuk keperluan Web dan mendekati warna yang kita pilih tersebut. Sobat bisa menggunakannya dengan cara Klik warna tersebut.

3 Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

Catatan : jika kalian memang sedang bekerja untuk keperluan web dan multimedia, kalian bisa mencentang checkbox Only Web Color pada dialog Color Picker untuk menampilkan hanya warna yang aman untuk web dan multimedia.

4 Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker - Topikramdani.com

Sobat Topikramdani, saat kita memilih sebuah warna untuk desain yang kita kerjakan, seringkali warna tersebut hanya akan cocok untuk keperluan web ataupun multimedia, tapi tidak cocok untuk keperluan percetakan (atau printing). Alasannya antara lain adalah perbedaan mode warna antara monitor komputer/laptop kita dengan printer yang kita gunakan. Monitor yang kita gunakan memakai mode RGB (Red, Green, Blue) sementara printer memakai mode CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).

Baca juga : Cara Memilih Warna pada Photoshop

Sobat Topikramdani, demikian penjelasan tentang Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker pada Photoshop.
Jika ada langkah-langkah diatas yang tidak dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar ya..

jika ada kritik & saran ataupun mau request tutorial Photoshop silahkan hubungi Topikramdani melalui halaman Contact.

Well, see you later in my next Photoshop tutorial. Dan terimakasih atas kunjungannya. :)
Semoga bermanfaat..

01.51 - tanpa komentar

0 komentar untuk Memahami Peringatan "Warning : ..." pada dialog Color Picker.


Lihat Komentar Tutup Semua Komentar