AWAS SALAH! Begini Cara yang Benar Membuat Spanduk HUT ke-72 Republik Indonesia

Halo Sobat Topikramdani..
Tepat pada tanggal 17 Agustus nanti kita semua akan merayakan hari ulang tahun yang ke-72 Republik Indonesia loh. Hayoo apa saja nih persiapan yang sudah kalian lakukan menjelang 17 Agustus nanti? Biasanya kalau di tempat saya, menjelang perayaan HUT RI kita suka memasang bendera, umbul-umbul, spanduk, maupun aksesoris-aksesoris lain di depan rumah yang bertemakan Merah Putih :D

Nah, berawal dari ngomongin soal HUT RI nih sobat, Topikramdani kemarin jadi punya ide untuk membuat tutorial Photoshop cara membuat spanduk HUT RI. Pada awalnya Topikramdani ingin membuat sendiri tipografi-nya, tapi karena belum punya ide mau buat yang seperti apa akhirnya Topikramdani cari referensinya di mbah Google.

Tapi kemudian setelah googling, Topikramdani malah dapat logo resmi-nya nih sobat, jadi ya sudah akhirnya Topikramdani putuskan untuk menggunakan logo resmi tersebut sebagai bahan tutorial.

Tapi, ternyata eh ternyata!

Cara membuat banner atau spanduk menggunakan logo resmi ada aturannya nih sobat. Mulai dari tata letak, ukuran, dan warnanya sudah ada aturannya. Berikut ini adalah beberapa aturan dasar yang perlu sobat ketahui : 
spanduk HUT RI 2017 - www.topikramdani.com


Aturan 1, Logo tidak boleh Dipisah antara Logogram maupun Logotype.

Silahkan kalian unduh "Logo Primer HUT RI 2017.rar" lalu ekstak! Di dalamnya ada logo resmi HUT ke-72 RI. Struktur logo tersebut terdiri dari logogram (yaitu gambar 72 TH) dan logotype (yaitu tulisan INDONESIA KERJA BERSAMA).
logo resmi HUT ke-72 RI - www.topikramdani.com 

Yap, dalam penggunaannya logo tersebut tidak boleh dipisah antara logogram maupun logotype. Logo tersebut harus dipakai dalam satu kesatuan yang utuh.

Aturan 2, Logo tidak boleh Menggunakan Ukuran Kurang dari 2 cm.

Demi menjaga keterbacaan logo, kalian harus mencetak logo tersebut dengan ukuran setidaknya  2 cm x 2 cm. Saya kurang mengerti, aturan ini berlaku juga untuk keperluan online atau tidak, tapi jika memang minimal harus 2 cm, maka jika di konversi ke piksel berarti kita harus menggunakan minimal  ukuran 72 x  72 piksel. :)
aturan ukuran logo resmi HUT ke-72 RI - www.topikramdani.com

Aturan 3, Area Aman Logo

Setiap penggunaan logo, harus disertai dengan batas area aman logo untuk menjaga kejelasan dan keterbacaan logo, dan tidak boleh ada elemen grafis apapun dalam area aman yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Untuk kasus ini kalian tenang saja, karena ukuran logo HUT ke-72 RI yang Topikramdani sediakan sudah termasuk dengan ukuran area aman tersebut. :)
aturan batas aman logo resmi HUT ke-72 RI - www.topikramdani.com

Aturan lainnya kita "singgung" sambil berjalan saja yuk sobat!
Kalian bisa baca sendiri detail aturannya di situs Kementerian Sekretariat Negara RI tentang Pedoman Penggunaan Identitas Visual HUT ke-72 Kemerdekaan RI Tahun 2017.
Nah, pada tutorial ini kita akan coba membuat spanduk HUT ke-72 RI mengikuti aturan2 tersebut. So.. lets get started!

Cara yang Benar Membuat Spanduk HUT ke-72 Republik Indonesia

Langkah 1 - Menentukan Ukuran Spanduk (Mohon di Baca ya walaupun Agak Bertele-tele)

Pertama-tama buat dokumen baru pada Photoshop, silahkan kalian Klik menu File > New.. atau tekan CTRL+N pada keyboard.
membuat dokumen baru pada photoshop - www.topikramdani.com

Pada dialog New, silahkan kalian atur lebar (Width) dan tinggi (Height) spanduk sesuai keperluan kalian :

  • Untuk keperluan percetakan, sebaiknya kalian atur ukuran dokumen sesuai ukuran asli spanduk yang akan di cetak. Tujuannya, supaya jika dicetak nanti desain spanduk kalian tidak perlu diperbesar yang akan mengakibatkan desain spanduk kalian pecah. Selain itu pastikan pada kolom Color Mode kalian memilih mode warnaCMYK color yah, karena warna pada mesin cetak biasanya menggunakan warna CMYK, sehingga jika di print nanti warna-nya tidak berbeda jauh dengan tampilan di layar komputer.
cara membuat spanduk pada photoshop - www.topikramdani.com 
  •  Untuk keperluan situs web/blog, silahkan kalian sesuaikan (tergantung) dengan template kalian. Saya kasih referensi ukuran banner besar Google Adsense ukurannya adalah 728 x 90 piksel.
ukuran banner google adsense - www.topikramdani.com
  • Untuk keperluan upload ke media sosial (yang berbentuk banner yah..), misalnya untuk foto sampul Facebook ukurannya 851 x 315 piksel, untuk foto header Twitter ukurannya 1500 x 500 piksel, dan kalo kalian punya toko di Tokopedia kalian bisa buat spanduk ukuran 1190 x 310 piksel untuk foto cover-nya.
cara membuat sampul facebook pada photoshop - www.topikramdani.com

Jadi silahkan tentukan ukuran spanduk/banner sesuai keperluan kalian. :)

Perhatikan, bahwa ukuran Resolusi akan mempengaruhi kualitas desain serta ukuran dokumen kalian. Semakin besar nilai resolusi maka semakin halus juga hasilnya TAPI semakin besar juga ukuran dokumen kalian DAN semakin berat pula kinerja komputer sobat, JADI khusus pada kolom resolusi ini isilah sesuai kemampuan komputer sobat aja ya (atau biarkan saja default 72 Pixel/Inch), hehehe
mengatur resolusi gambar pada photoshop - www.topikramdani.com

Langkah 2 - Membuat Spanduk HUT ke-72 RI tanpa Foto

Sebelumnya, saya anggap kalian sudah membuat file dengan ukuran sesuai keperluan kalian seperti di atas. Di sini saya menggunakan ukuran 250 x 80 piksel dengan resolusi 92 pixel/inch.

Jika sudah dibuat, silahkan unduh "Logo HUT RI 2017.rar" lalu ekstrak, kemudian masukan Logo HUT ke-72 RI.jpg yang ada di dalam file tersebut kedalam dokumen yang kalian buat.

Ganti nama layer-nya menjadi "LOGO1" agar memudahkan dalam penyebutan.

Sekarang aktifkan Free Transform (CTRL+T) lalu atur posisinya sesuai dengan aturan yang disepakati yaitu logo harus berada di kanan atas seperti dibawah ini :

Kemudian jika sobat hendak meletakan logo-logo pemerintah daerah maupun logo lainnya, logo tersebut diposisikan di bawah logo resmi. Seperti di bawah ini saya meletakan logo pemerintah kabupaten Subang yang saya unduh dari blog Free Download Vector Logo.

Langkah 3 - Menambahkan Tulisan Pendukung

Pada tahap ini kita akan menambahkan tulisan DIRGAHAYU INDONESIA pada spanduk, jadi silahkan aktifkan Type Tool dengan menekan huruf T pada keyboard. Buatlah area untuk mengetik dengan cara Klik & Drag di area kanvas.

Kemudian ketikan teks DIRGAHAYU INDONESIA di dalam area tersebut. Jangan khawatir jika tulisan kalian terlalu kecil/besar, kalian hanya perlu memblok semua huruf dengan menekan CTRL+A pada keyboard kemudian Klik & Drag ikon Text Size pada tab properties.

Disini saya mengganti jenis hurufnya menjadi Rockwell Extra Bold. Jika kalian ingin mengganti huruf yang digunakan, silahkan kalian Blok tulisan kalian lalu Klik panah kecil di samping nama huruf pada tab properties, kemudian pilih huruf yang diinginkan.

Untuk masalah warna saya menyarankan penggunaan warna Hitam, Putih, dan Merah agar serasi dengan logo. Jika kalian ingin mengganti warna huruf yang digunakan, silahkan kalian Blok tulisan kalian lalu Klik ikon warna pada tab properties, kemudian pada dialog Color Picker (Text Color) pilih warna yang diinginkan.

Jika sudah, Klik layer "DIRGAHAYU INDONESIA" kemudian tekan CTRL+T untuk mengaktifkan Free Transform. Silahkan atur-atur posisi dan ukurannya sesuai selera.

Langkah 4 - Menambahkan Kutipan Kemerdekaan

Pada langkah ini kalian akan menambahkan kutipan atau kata-kata tentang kemerdekaan, kalian bisa Copy kata-katanya di internet kemudian Paste kedalam spanduk menggunakan Type Tool. Contohnya seperti ini :

Langkah 5 - Menambahkan Foto Latar Belakang

Langkah menambahkan foto latar belakang ini boleh kalian ikuti atau pun tidak terserah kalian, tapi ada satu aturan yang perlu kalian ketahui jika ingin menambahkan foto sebagai latar belakang spanduk ini, yaitu tidak boleh menggunakan foto berwarna. Yap, kita hanya diperbolehkan menggunakan foto hitam putih saja untuk dijadikan background spanduk.

Oleh karena itu alih-alih menggunakan foto berwarna sang di hitam-putihkan, di sini saya lebih memilih untuk memasukan foto Subang Tempo Doeloe yang saya dapatkan dari situs KOTASUBANG.com. Jika sobat sudah menemukan foto yang pas silahkan Drag foto sobat ke dalam dokumen spanduk.

OOPSSS... Fotonya kecil banget nih sobat, karena gak punya foto ukuran besar, akhirnya saya paksa melebarkan foto ini sampai menutupi semua bagian spanduk. Gunakan Free Transform (CTRL+T). Ganti nama layernya menjadi "Foto Subang".

Sekarang pindahkan layer "Foto Subang" ke bawah layer "LOGO1" dengan cara Klik & Drag.

Disini terlihat ada 2 kegagalan nih sobat. Pertama tulisan yang tidak terbaca, kedua latar belakang putih dibelakang logo Kabupaten Subang nya cuma sepotong :(

Untuk masalah pertama kalian bisa menambahkan Stroke pada masing masing layer kutipan. Kita mulai dari layer "DIRGAHAYU INDONESIA", silahkan Klik Kanan layer "DIRGAHAYU INDONESIA" lalu pilih Blending Options...

Kemudian pilih opsi Stroke, ganti warnanya menjadi putih dan atur sisanya sesuai keinginan.

Sekarang Klik-Kanan pada tulisan Effect pada layer "DIRGAHAYU INDONESIA", lalu pilih opsi Copy Layer Style.

Kemudian Klik-Kanan pada layer kutipan kalian, lalu pilih opsi Paste Layer Style. Masalah pertama sudah teratasi...


Untuk masalah ke dua caranya juga mudah. Pertama kalian load seleksi dari layer "LOGO1" dengan cara CTRL+Klik Thumbnail layer "LOGO1", maka akan ada garis seleksi mengelilingi "LOGO1".

Kemudian tekan huruf M pada keyboard untuk memastikan Rectangular Marquee Tool kalian yang saat ini aktif. Sekarang geser garis seleksi ke atas dengan menekan tombol Arah Atas pada keyboard sampai area seleksi bergeser seperti ini :

Setelah itu, kalian Klik layer "LOGO1", kemudian Klik ikon Add layer mask yang ada di bawah panel layer.

Dan masalah ke dua pun sudah teratasi :) Silahkan Save (CTRL+S) dulu untuk menyimpan dokumen kalian sobat..

Oh iya.. pada logo resmi HUT RI 2017 ini terdapat juga logo yang berbentuk dekorasi nih sobat, bagaimana cara pemasangannya pada spanduk? Lanjut ke Langkah 6 ^_^

Langkah 6 - Membuat Spanduk HUT ke-72 RI menggunakan Logo Dekorasi

Pertama-tama kalian buat dokumen baru dengan ukuran yang di inginkan. Disini saya menggunakan ukuran untuk foto sampul Facebook, yaitu 851x315 piksel, soalnya nanti akan saya pakai di akun Facebook saya (Dhani Ramovic), dan juga saya menggunakan resolusi standar 72 piksel/inch. *PERHATIAN! Tolong akun facebooknya di add yah :D

Sekarang aktifkan Rectangle Tool dengan cara Klik ikon Rectangle Tool pada Tool Box, atau tekan huruf U pada keyboard.

Klik & Drag pada kanvas untuk membuat segi empat (sembarang aja), kita atur ukurannya di kolom W dan H pada tab properties. atur W : 851 px & H : 158 px.

Ganti Warnanya dengan cara Klik ikon Fill > Color Picker pada tab Properties, kemudian masukan kode E52823 pada kolom HEX (#) dalam dialog Color Picker.

Sekarang tekan huruf V pada keyboard untuk mengaktifkan Move Tool, kemudian pindahkan kotak tersebut dengan cara menggesernya menggunakan Move Tool dan kombinasi Tombol Arah pada keyboard sehingga posisinya menjadi seperti ini :

Langkah 7 -  Masukan Logo & Atur Posisi Sesuai Aturan

Di sini saya menggunakan logo versi primer. Tapi kalian juga bisa menggunakan versi sekunder ataupun versi tersier dari logo resmi ini.

Unduh "Logo Primer HUT RI 2017.rar", "Logo Sekunder HUT RI 2017.rar", "Logo Tersier HUT RI 2017.rar". Ekstrak lalu masukan salah-satunya ke dalam dokumen dan atur posisinya menjadi di kanan-atas dan tidak melewati "kotak merah" tadi.

Langkah 8 - Masukan Logo Dekorasi > Atur Posisi Sesuai Aturan

Silahkan unduh terlebih dahulu Dekorasi "Logo HUT RI 2017.rar". Ekstrak kemudian masukan "Dekorasi HUT ke-72 RI.jpg" kedalam Photoshop. Ganti nama layer-nya menjadi "dekorasi".

Untuk posisinya sendiri di sini Topikramdani hanya akan menggunakan 2 aturan, yaitu untuk spanduk menggunakan foto background, dan untuk spanduk menggunakan foto pemimpin daerah. Kita mulai dengan Spanduk untuk pemimpin daerah yah sobat :)

Aktifkan Free Transform lalu atur posisi logo. Pastikan logo dekorasi tidak keluar dari kotak merah DAN dekorasi yang digunakan hanya 3 baris seperti di bawah ini.

Sekarang tekan CTRL+J pada keyboard untuk menduplikasi layer "dekorasi". Setelah itu aktifkan Move

Tool dengan menekan huruf V pada keyboard, lalu sambil menekan tombol Shift, geser layer "dekorasi copy" ke kanan sehingga posisinya seperti ini :

Bisa kita lihat bahwa logo utama kita sekarang malah tertutupi oleh logo dekorasi yang kita geser. Tapi tenang saja, kalian hanya perlu memindahkan layer "Logo utama" kalian sehingga posisinya menjadi yang paling atas.

Nah jika kalian tidak ingin ada bagian yang "kagok" seperti ini, kalian hanya perlu mengubah ukuran logo utama sedikit, sehingga bagian yang kagok tersebut bisa tertutupi.

Sebelumnya Topikramdani mohon maaf karena untuk langkah memasukan foto pemimpin daerah tidak sekalian di sertakan. Jika kalian ingin memasukan foto pemimpin daerah ke dalam spanduk, silahkan ikuti penempatannya sesuai dengan aturan yang ada di file PDF diatas ^_^

Langkah 9 - Membuat Spanduk Menggunakan Foto Background

Pertama-tama kalian tekan Shift sambil Klik layer "dekorasi" dan "dekorasi copy", kemudian duplikasi dengan menekan CTRL+J pada keyboard.

Shift+Klik lagi layer "dekorasi" dan "dekorasi copy" plus layer "Rectangle 1 (kotak merah tadi)", kemudian masukan ke dalam grup dengan menekan CTRL+G pada keyboard. Ganti nama grupnya menjadi "template1".

Matikan visibilitas grup "template1". Sekarang Shift+Klik layer "dekorasi copy 2" dan "dekorasi copy 3", kemudian Shift+Drag ke bawah sehingga posisinya jadi seperti ini :

Tekan CTRL+J pada layer "dekorasi copy 2" kemudian Shift+Drag ke kanan sehingga menjadi seperti ini :

Nah jika kalian ingin memasukan logo pemerintah daerah kalian ataupun logo lainnya, penempatannya masih sama seperti cara kita menempatkan logo pemerintah daerah pada langkah sebelumnya.

Langkah 10 - Menambahkan Background dan Teks Tambahan

Disini saya menggunakan foto yang tadi karena untuk spesifikasi foto yang bisa digunakan masih sama seperti sebelumnya, yaitu harus menggunakan foto hitam putih.

Untuk menambahkan teks sendiri cara-caranya sudah lengkap pada langkah sebelumnya jadi Topikramdani kira tidak perlu di ulang lagi ^_^

Ngomong-ngomong seperti inilah hasil akhir foto sampul HUT RI 2017 yang Topikramdani buat..

Sobat Topikramdani, demikian tutorial tentang Cara yang Benar Membuat Spanduk HUT ke-72 Republik Indonesia. Jika ada langkah-langkah diatas yang tidak dimengerti silahkan tanyakan di kolom komentar.
Well, see you later in my next Photoshop tutorial. Dan terimakasih atas kunjungannya. :)
Semoga bermanfaat..

14.07 - 2 komentar

2 komentar untuk AWAS SALAH! Begini Cara yang Benar Membuat Spanduk HUT ke-72 Republik Indonesia.


Lihat Komentar Tutup Semua Komentar
.

Mantap gan :D sekalian ane belajar desain grafis :D

Balas Hapus